3 Cara Perusahaan Bisa Support Lingkungan Lewat CSR

Apa itu CSR

CSR (Corporate Social Responsibility) merupakan bentuk tanggung jawab perusahaan untuk andil dalam keberlanjutan lingkungan. Bukan hanya soal tanggung jawab moral, peran CSR juga bisa menjadi strategi bisnis. Melalui berbagai program yang berdampak bagi lingkungan sekaligus masyarakat, akan berefek baik bagi reputasi perusahaan.

Ide Program Berdampak

Beberapa Ide program berdampak CSR bagi keberlanjutan lingkungan sebagai berikut:

  1. Daur & pengelolaan sampah
    • Membuat bank sampah sesuai jenisnya di lingkup kantor, dan membiasakan karyawan tertib membuang sesuai jenis organik & non organik.
    • Kampanye 3R untuk karyawan, seperti; membawa bekal dan minum sendiri, bazar produk olahan dari sampah, jual sampah non-organik ke pengepul untuk di daur ulang.
  2. Penghijauan kembali & green office
    • Melakukan program penanaman pohon.
    • Menerapkan kebijakan green office seperti mematikan lampu ketika siang hari/tidak digunakan.
    • Menggunakan air secukupnya dan segera melaporkan jika terjadi kebocoran kran.
  3. Edukasi lingkungan
    • Membuat postingan di media sosial perusahaan tentang edukasi lingkungan.
    • Membuat kompetisi perlombaan bertema ‘Go Green’ dengan sasaran umum (pelajar hingga karyawan).
    • Workshop daur ulang sampah
    • Workshop pelatihan hemat energi untuk karyawan

Dengan ide yang tepat, perusahaan dapat membawa dampak positif dalam maupun luar organisasinya.

Cara Memulai CSR Perusahan

Kunci dari sebuah keberhasilan adalah langkah awal yang tepat, yaitu:

1. Identifikasi Masalah Lingkungan

Dimulai dari permasalahan lingkungan sekitar terlebih dahulu. Misalkan permasalahan di sekitar perusahaan makanan adalah sampah maka perusahaan mulai merencanakan CSR untuk mengatasi permasalahan dengan fokus ke pengelolaan limbah plastik. Contoh lainnya perusahaan manufaktur memiliki permasalahan sekitar kurangnya lahan sehingga CSR fokus ke penghijauan, seperti dengan mengelola hutan kota.

2. Membuat tujuan dan target

Membuat tujuan & target yang jelas, misalkan perusahaan A tujuannya adalah mengurangi limbah plastik 25% dalam setengah tahun. Dan merancang target dengan mendirikan sejumlah bank sampah di lingkup & sekitar kantor. Contoh lainnya perusahaan B memiliki tujuan penghijauan dalam kurun waktu 1 tahun dengan mengelola pepohonan hutan kota menjadi teduh & aman. Setelah itu melakukan evaluasi berkala untuk mengetahui kekurangan dalam program dan membenahi bersama.

3. Kolaborasi dengan external ahli

Untuk merancang program dan menjalankannya, pihak perusahaan tidak harus sendiri, namun bisa berkolaborasi dengan pihak external yang ahli di bidangnya untuk merancang program yang lebih strategis dan terukur. Seperti Ecoventure Indonesia yang dapat membantu secara profesional dari mulai pemilihan program, monitoring, dan pelaporan hasil program yang dijalankan selama waktu tertentu.

Implementasi Nyata

Telah banyak implementasi CSR yang dilakukan oleh perusahaan terkenal di beragam bidang seperti berikut:

  1. Perusahaan PLN, memiliki strategi yang selaras dengan konsep CSR yaitu green energy & ekosistem kendaraan listrik.
  2. Perusahaan BRI telah melakukan program CSR dengan cara bina lingkungan, dengan nama program Beasiswa BRI peduli.
  3. Perusahaan Djarum, memiliki misi yang salah satunya untuk melestarikan sumber daya alam indonesia, dengan telah menjalankan berbagai program seperti Penanaman TREMBESI Tol Trans Sumatera 2.818km.

Manfaat Ganda bagi Lingkungan dan Perusahaan

Melaksanakan tanggung jawab sebagai CSR bukan hanya baik bagi lingkungan, namun bagi perusahaan:

  1. Kepercayaan dan reputasi. Dengan melakukan program CSR yang akan berdampak bagi lingkungan sekitar terutama masyarakat, sehingga di mata publik reputasi baik perusahaan meningkat.
  2. Dampak nyata bagi lingkungan. Membuat program yang lingkungan friendly akan berdampak bagi kelestarian lingkungan jangka panjang.
  3. Profitabilitas. Tentang penghematan energi dan pengelolaan limbah, sebagai investasi jangka panjang.

CSR menjadi investasi panjang perusahaan dengan berbagai manfaat ganda untuk lingkungan & perusahaan. Untuk mengukur hasil kinerja CSR dapat berkolaborasi dengan pihak external yang ahli dalam bidangnya seperti @ecoventureindonesia yang telah terpercaya dalam planning hingga evaluasi. Satu Satunya yang layanan jasa alam yang mengkolaborasikan konsep ekowisata.

FAQ

Meningkatkan nilai perusahaan, menciptakan keseimbangan antara keuntungan finansial dan dampak lingkungan, serta pembangunan berkelanjutan.

Pertama identifikasi masalah lingkungan di sekitar, selanjutnya menentukan tujuan dari CSR, dan berkolaborasi dengan pihak eksternal.

Mulai dari kegiatan daur ulang dan pengelolaan sampah, penghijauan kembali dan green office, serta edukasi lingkungan.

Ya. wajib untuk perusahaan tertentu di indonesia, terutama bagi perusahaan sumber daya alam seperti yang diatur pada UU nomor 40 tahun 2007.

Hubungi Kami
Index